Kamis, 08 Juli 2010

Anda Mau Berumur Panjang ?

Anda Mau Berumur Panjang ?

Blue Zone adalah ungkapan yang menggambarkan suatu daerah yang secara umum penduduknya masih aktif dalam melakukan kegiatannya dalam usia diatas 100 tahun. Para ilmuan dan peneliti demografi mengklasifikasikan daerah “Hot Spot” untuk umur panjang ini dengan cara: umumnya para penduduknya mengkonsumsi asupan yang sehat dan mempunyai kebiasaan hidup sehat sehingga menghasilkan umur yang lebih panjang dari kebanyakan manusia yang lain. Kata “Blue Zone” sendiri pertama kali muncul dalam artikel ilmiah oleh sebuah team penelitian demografi yang sedang meneliti sekelompok orang yang berumur lebih dari seratus tahun di daerah Sardinia, Italia pada tahun 2004.

Blue Zone juga dapat berarti nama Proyek yang berhubungan dengan subyek yang sama oleh : Dan Buettner's Quest Network, Inc.

Lima daerah Blue Zone telah diidentifikasiakan oleh Buettner:

Sardinia, Itali: di daerah ini, di bagian pegunungannya, banyak kaum prianya yang berumur lebih dari 100 tahun

Pulau Okinawa, Jepang: ini adalah salah satu tempat yang penduduknya paling panjang umurnya dibandingkan tempat lain.

Loma Linda, California, Amerika Serikat: Sebuah kelompok Gereja Advent hari ke Tujuh menikmati umur rata-rata diatas seratus tahun dan masih bisa beraktifitas dengan baik pada umur tersebut.

Nicoya Peninsula, Costa Rica:

Pulau Icaria, Greece: pada pulau ini persentase orang yang berumur 90 tahun adalah yang tertinggi di dunia, 1 dari 3 orang di pulau ini mencapai umur 90 tahun, 20 persen lebih sedikit orang yang terkena penyakit kanker, 50 persen lebih sedikit orang yang terkena penyakit jantung.

Semua orang yang berada di dalam Blue Zone tersebut mempunyai gaya hidup yang sangat khas yang memberikan kontribusi langsung kepada umur panjang dan kesehatan mereka. Beberapa gaya hidup tersebut adalah:

  1. Keluarga : mereka mengutamakan keluarga lebih dari hal-hal yang lain.
  2. Tidak merokok
  3. Mereka makan lebih banyak sayuran atau buah-buahan dari pada daging.
  4. Hidup mereka sangat aktif
  5. Mereka mempunyai hubungan sosial yang baik dengan komunitas di lingkungan mereka.
  6. Mereka suka makan polong-polongan : contoh: kacang tanah, kacang kedelai, atau kacang-kacangan yang lain.

Diambil dari : http://en.wikipedia.org/wiki/Blue_Zone

Tidak ada komentar:

Posting Komentar